Kamis, 03 November 2016

Sistem Informasi Management yang digunakan di Adira Finance


PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau Adira Finance didirikan pada tahun 1990 dan mulai beroperasi pada tahun 1991. Sejak awal, Adira Finance berkomitmen untuk menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terkemuka di Indonesia. Adira Finance hadir untuk melayani beragam pembiayaan seperti kendaraan bermotor baik baru ataupun bekas. Melihat adanya potensi ini, Adira Finance mulai melakukan penawaran umum melalui sahamnya pada tahun 2004 dan Bank Danamon menjadi pemegang saham mayoritas sebesar 75%. Melalui beberapa tindakan korporasi, saat ini Bank Danamon memiliki kepemilikan saham sebesar 92,07% atas Adira Finance. Adira Finance pun menjadi bagian Temasek Holdings yang merupakan perusahaan investasi plat merah asal Singapura.
Pada 2012, Adira Finance menambah ruang lingkup kegiatannya dengan pembiayaan berdasarkan prinsip syariah. Demi memberikan pengalaman layanan pembiayaan yang maksimal, Perusahaan pun mulai menyediakan produk pembiayaan durables bagi konsumennya. Hingga tahun 2015, Adira Finance mengoperasikan 558 jaringan usaha di seluruh Indonesia dengan didukung oleh lebih dari 21 ribu karyawan, untuk melayani 3 juta konsumen dengan jumlah piutang yang dikelola lebih dari Rp40 triliun.
Adira Finance senantiasa berupaya untuk memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara Indonesia. Melalui identitas dan janji brand “Sahabat Setia Selamanya”, Adira Finance berkomitmen untuk menjalankan misi yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hal itu dilakukan melalui penyediaan produk dan layanan yang beragam sesuai siklus kehidupan konsumen serta memberikan pengalaman yang menguntungkan konsumen.


A.    Siapa saja yang dapat menggunakan sistem ADIRA-ONLINE?
System  Adira-online hanya dapat diakses secara internal oleh perusahaan, maksudnya adalah system ini tidak dapat diakses secara bebas. Adira-online hanya dapat diakses oleh para staff sesuai dengan kepentingannya, karena ada beberapa menu yang hanya dapat dipergunakan oleh bagian tertentu. Adapun untuk dapat mengakses system tersebut yang dibutuhkan adalah seperangkat computer/laptop dan jaringan internet

B.     Bagaimana cara menggunakan system ADIRA-ONLINE dalam proses pengajuan kredit di Adira Finance?

1)      Login
Untuk masuk ke dalam system,langkah awal yang dibutuhkan adalah Login keanggotaan menggunakan username dan password yang telah disediakan oleh perusahaan. Login hanya dapat dilakukan oleh staff yang mempunyai akses dan kepentingan.

2)      Initial Data Entry (IDE)
Initial Data Entry adalah menu pertama yang dipilih dalam system Adira Online. Untuk dapat mengakses menu ini klik AD1SYS - klik Account Acquisition Management – klik Initial  Data Etry – Input – Save.
Data yang di input dalam proses IDE meliputi:
a.       Loan detail, merupakan rincian jumlah pembiayaan yang telah disepakati pihak Adira dan nasabah
b.      Object detail, merupakan spesifikasi unit nasabah yang diajukan pembiayaan ke pihak Adira
c.       Document list, meliputi:
·         SIUP/SITU/SKU/KEUR
·         SP KEUR/KEUR sementara
·         NPWP
·         KTP/resi KTP/KTP sementara pemohon dan pasangan/penjamin
·         KK/Akte nikah/Akte kelahiran
·         Bukti penghasilan usaha profesi
·         Bukti tempat tinggal (rekening listrik/token, PBB, atau domisili RT)

3)      Survey Assignment
Untuk dapat mengakses menu ini klik AD1SYS – Account Acquisition Management – Survey process – Survey Assignment –input- confirm –save. Pada tahap ini berkas yang telah dilengkapi oleh nasabah akan mendapatkan nomer registrasi.

4)      Survey Result Entry
Untuk dapat mengakses menu ini klik AD1SYS – Account Acquisition Management – Survey Result Entry. Data yang diinput dalam proses Survey Result Entry meliputi:
a.       Biodata pekerjaan/usaha (Occupation)
b.      Latar belakang pendidikan
·         Tidak sekolah
·         Di bawah SMP
·         SMP/sederajat
·         SMA/sederajat
·         Diploma/Strata
·         Pasca sarjana
c.       Pendapatan (Income/Salary expenditure)
d.      Kondisi rumah ( Property)
e.       Cross check lingkungan (meliputi: nama tetangga, nama RT)
f.       Survey notes 
Adalah catatan yang diberikan oleh CRO (Credit Relation Officer) atas hasil survey kepada calon nasabah. Hasil survey ini meliputi kapasitas nasabah atas kredit yang diajukan, dengan cross check lingkungan rumah dan cross check kantor
g.      Input cara pembayaran, melalui:
·         ATM
·         Auto debet
·         Bank transfer
·         Dealer
·         Giro
·         Kasir
·         Kolektor
·         OT Kasir
·         Potong gaji
·         PT POS Indonesia

5)      Credit Approval Process
Menu ini hanya dapat di akses oleh tim Credit Analys. Pada dasarnya analisis kredit digunakan untuk meneliti atau menilai pemohon kredit secara mendalam tentang keadaan usaha atau proyek pemohon kredit agar pelaksanaan kredit yang akan dilakukan dapat berjalan dengan lancar sehingga tidak menimbulkan kredit macet.

Ada 5 aspek yang harus dianalisis dalam menganalisis kredit, antara lain :
1.      Aspek Manajemen
2.      Aspek Pemasaran
3.      Aspek Teknis
4.       Aspek Keuangan

Kebijakan umum persyaratan suatu permohonan kredit adalah sebagai berikut: 
a.      Surat permohonan fasilitas kredit
b.      Legalitas usaha
c.      NPWP dan Laporan Keuangan
d.      Hubungan dengan bank
e.      Pengalaman usaha
f.       Batas maksimum kredit bagi badan usaha
g.      Persyaratan penempatan staf BNI atau pihak ketiga lainnya
h.      Fasilitas Forex Line
i.        Persyaratan Take Over debitur dari bank lain
j.      Referensi agungan untuk kredit yang ditake over dari bank lain Skim pemberian fasilitas kredit dengan agunan deposito berjangka oleh divisi korporasi atau UMN / SKM.



6)      Document Process
Untuk dapat mengakses menu ini kli AD1SYS – Account Aqcuisition Management – Document Process – Generate PO (surat pesanan yang menyatakan bahwa perusahaan telah meyetujui permohonan pembiayaan dari konsumen). Masa berlaku dari PO ini adalah 30 hari kalender dimulai dari tanggal terbit PO.

Catatan :
a.       Surat pesanan ini dicetak secara otomatis dari aplikasi Adira-Online (sah tanpa tanda tangan kepala cabang) dan sekaligus merupakan penunjukan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk kepada dealer/supplier untuk menyerahkan unit barang kepada konsumen.
b.      Nilai pembiayaan ke dealer/supplier yang tercantum dalam surat pesanan in adalah nilai maximum yang akan dibayarkan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. Selisih pajak progressive yang timbul (bila ada) menjadi tanggungjawab pembeli unit barang.

7)      Full Data Enty

Data yang diinput dalam menu ini meliputi:
a.       Application:
·         Input no aplikasi yang tercetak di PO
·         Nama AXI /mediator
·         Nama CRH (Credit Relatio Head)
b.      Object detail
Input meliputi data lengkap STNK (Surat Tanda Nomer Kendaraan) dan BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor), jenis pembiayaan yang dipilih, dan tujuan pembiayaan.
c.       Insurance detail

8)      Document Receivable
Menu ini hanya dapat diakses oleh tim Billing Process (BP). Untuk dapat mengakses menu ini klik AD1SYS  - Account Management – Dealer Document Process – Document Receivable – update – verification/confirmation

9)      Finance
10)   PPD (Proses Pencairan Dana)

C.     Sumber daya software dan hardware apa sajakah yang digunakan dalam system ADIRA-ONLINE?
Sumber daya software yang digunakan di Adira meliputi:
·         Ad1Sys online
·         Ad1clar online
Sumber daya hardware yang digunakan di Adira meliputi:
·         Satu set personal computer (PC)
·         Printer
·         Mesin fotokopi

D.    Sumber daya jaringan apa yang digunakan di Adira Finance?
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.








1 komentar: